IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA

  • Dewi Lestari Pardede STIKes Senior Medan
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Irving Josafat Alexander Universitas HKBP Nommensen
  • Gloria Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn, khususnya pada materi Persamaan Kedudukan Warga Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMP Swasta Eka Prasetya Medan, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest untuk menilai hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan signifikan dalam hasil belajar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41,9 dan meningkat menjadi 80,3 pada posttest. Sebaliknya, kelas kontrol meningkat dari 40,1 menjadi 64,7. Penerapan PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Persamaan Kedudukan Warga Negara dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PKn.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
PARDEDE, Dewi Lestari et al. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 426 - 430, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5186>. Date accessed: 03 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.5186.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)