PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepribadian Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan. Penelitian ini menggunakan satu jenis penelitian yaitu metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memberikan angka dari data yang telah diperoleh dari hasil penelitian berdasarkan ukuran ketetapan yang ada. Sebelum soal angket diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kristen kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan yang berjumlah 2 kelas. Dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-A dan VIII-B sebanyak 38 orang siswa. Dimana sampel yang dipilih sesuai dengan roster yang telah disesuaikan sehingga kelas yang diberikan angket dilaksanakan pada hari yang bersamaan. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 2,6875 > ttabel 1,688. Ternyata diperoleh thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepribadian Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).