ANALISIS EFEKTIVITAS PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA DAN PENYITAAN UNTUK MENIGKATKAN PENERIMAAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA LUBUK PAKAM

  • Agustina Nirwana Lumbanraja Universitas Darma Agung
  • Kiki R R Simanullang Universitas Darma Agung
  • Torang P. Simanjuntak Universitas Darma Agung
  • Monetaris Butar-Butar Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitianiini merupakan observasi deskriptife dengan tujuan supaya mendeskripsikan  jumlah  tingkat keefektivitasan pemungutan  pajak yang dilakukan melalui penagihan surat paksa dan melakukan  penyitaan dengan upaya meningkatkan penerimaan pajak serta kesulitan apasaja yang ditemui dalam proses melakukan penagihan pajak melalui surat paksa dan penyitaan untuk menaikkan pendapatan  pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lubuk Pakam. Dalam pengumpulan data yang dipakai pada  penelitian ini yaitu menggunakan  metode kualitatif. Teknik untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu dengan metode dokumentasi kemudian dengan menanyakan langsung kepada fiskus pajak yang yang bertugas di bagian  Fiskus Pajak di KPP Pratama Lubuk Pakam. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan kalau penerimaan utang pajak menggunakan surat tagihan paksa dan dengan penyitaan mulai tahun 2017 sampai tahun 2021 tergolong cukup efektif. Masalah  yang ditemui yaitu keminiman akan kesadaran Sebagian besar wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya dibagian pembayaran pajak, dan masih maraknya wajib pajak yang menghindari untuk membayar utang pajakanya yang disebabkan bermacam penghindaran yang tidak masuk akal dan respon positif yang masih sangat minim beberapa wajib pajak akan utang pajaknya berhubung pada tahun 2019 adanya dampak Covid yang semakin mempersulit ekonomi sampai pada saat ini.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
LUMBANRAJA, Agustina Nirwana et al. ANALISIS EFEKTIVITAS PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA DAN PENYITAAN UNTUK MENIGKATKAN PENERIMAAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA LUBUK PAKAM. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 165 - 171, sep. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/3912>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i2.3912.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)