PENGARUH ARUS KAS OPERASIONAL, ARUS KAS INVESTASI, DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Intan Nirwana N Simbolon Universitas Darma Agung
  • Hormaingat Damanik Universitas Darma Agung
  • Monetaris Butar-Butar Universitas Darma Agung

Abstract

Mengetahui pengaruh arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan terhadap current ratio perusahaan asuransi yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia merupakan tujuan utama dari penelitian ini. Informasi sekunder dikumpulkan dari situs Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) untuk penelitian ini. Laporan keuangan perusahaan tahun 2016-2021 dianalisis untuk penelitian ini. Dalam penelitian ini, Seluruh perusahaan asuransi dijadikan sebagai populasi yang berjumlah 11 perusahaan diwakili oleh 9 sampel untuk penelitian. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode asosiatif melalui prosedur regresi linier berganda di SPSS 24.0. Arus kas dari operasi dan arus kas investasi terbukti memiliki pengaruh yang netral terhadap current ratio, tetapi arus kas dari pendanaan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap current ratio. Ketiga jenis arus kas operasional, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan berkontribusi positif dan signifikan terhadap current ratio. Current ratio didukung oleh arus kas dari operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan sebesar 59,5%. Current ratio sangat berkorelasi dengan arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
SIMBOLON, Intan Nirwana N; DAMANIK, Hormaingat; BUTAR-BUTAR, Monetaris. PENGARUH ARUS KAS OPERASIONAL, ARUS KAS INVESTASI, DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BEI. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 229 - 236, sep. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/3921>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i2.3921.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>