ANALISIS PENCATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DI KABUPATEN KARO (Studi Kasus Pada Kantor Camat Berastagi)

  • Evi Agustin Universitas Darma Agung
  • Merlina Simanjorang Universitas Darma Agung
  • Hotriado Harianja Universitas Darma Agung
  • Torang P. Simanjuntak Universitas Darma Agung

Abstract

SKPD di Pemerintahan Kabupaten Karo setiap tahunnya wajib melaporkan laporan keuangan tahunannya termasuk SKPD Kantor Camat Berastagi. Dalam hal inilah menjadi tujuan peneliti untuk melihat apakah SKPD Kantor Camat Berastagi telah melaksanakan pengelolaan keuangannya dan menyampaikan laporan yang tepat, transparan, akuntabel, dan terpercaya berdasarkan standard dan peraturan yang berlaku sehingga terwujudunya good governance. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis  pencatatan dan pelaporan keuangan pada SKPD Kantor Camat Berastagi sudah sama dengan standard dan peraturan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tujuan untuk melihat data yang diperoleh berupa pencatatan, pelaporan atas laporan keuangan  SKPD Kantor Camat Berastagi. Dan Penulis melaksanakan analisis data dengan cara wawancara,  dokumentasi dan riset pustaka untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SKPD Kantor Camat Berastagi Kabupaten Karo sudah melaksanakan pencatatan dan penyampaian laporan keuangannya sesuai dengan Standar dan peraturan  yang berlaku.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
AGUSTIN, Evi et al. ANALISIS PENCATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) DI KABUPATEN KARO (Studi Kasus Pada Kantor Camat Berastagi). JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 172 - 176, sep. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/3913>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i2.3913.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>