PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TOKO ROTI SUANS BAKERY

  • Viserman Laia Universitas Darma Agung
  • Prietsaweny Riris T. Simamora Universitas Darma Agung
  • Sabrin Tinambunan Universitas Darma Agung

Abstract

Suans Bakery  salah satu toko roti tertua di kota medan. Perananan komunikasi interpersonal karyawan dengan pelanggan di Suans Bakery sangat mempengaruhi  dalam menarik minat pembeli agar dapat meningkatkan penjualan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan karyawan dalam menjalin komunikasi interpersonal dengan pelanggan. Dalam menjualkan produk, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan agar dapat membeli terjalin proses jual beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Landasan teori penelitian ini yaitu teori komunikasi interpersonal menurut pendapat Joseph A. Devito komunikasi interpersonal merupakan tahap pengiriman dan penerimaan pesan secara verbal atau non-verbal antara dua orang atau lebih dengan umpan balik (Feedback) secara langsung. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu :ketrbukaan Empati, sikap positif, kesetraan dan sikap mendukung. Berdasarkan hasil analisis, Bahwa karyawan di Suans Bakery memiliki peran efektif dalam menarik minat pembeli. Karyawan di Suans bakery dapat menjalin komunikasi interpersonal dengan pelanggan. Dengan terjalinnya komunikasi interpersonal memberikan rasa percaya, nyaman antara karyawan dengan pelanggan, sehingga terjadi proses jual beli. Karyawan harus memiliki sikap terbuka dan setara terhadap semua pelanggan agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja. Karyawan dalam menagani bila ada pelanggan yang komplein, dengan berkomunikasi interpersonal terhadap pelanggan dan menganti rugi produknya bila rusak sebelum dikonsumsi dan meminta maaf kepada pelanggan.

Published
Oct 25, 2024
How to Cite
LAIA, Viserman; SIMAMORA, Prietsaweny Riris T.; TINAMBUNAN, Sabrin. PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TOKO ROTI SUANS BAKERY. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 127 – 134, oct. 2024. ISSN 2720-9822. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4956>. Date accessed: 28 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i2.4956.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)