ANALISIS PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR PEMBANGUNAN RUAS JALAN KUTABANGUN-KUTAKENDIT LIANG MELAS DATAS KABUPATEN KARO

  • Benyamin Ginting Universitas Darma Agung
  • Daniel P. Sembiring Universitas Darma Agung
  • Semangat M.T Debataraja Universitas Darma Agung
  • Yusuf Aulia Lubis Universitas Darma Agung

Abstract

Infrastuktur sangatlah berpengaruh dalam proses peningkatan ekonomi serta akses akitivitas suatu daerah seperti Kabupaten Karo terkhususnya pada Ruas Jalan Kutabangun-Kutakendit di titik Desa Pola Tebu STA 0+000 – 2+000. Studi ini bertujuann untuk mengetahui kondisi infrastuktur jalan dan Perencanaan Pembangunan Ruas Jalan  yang dimana sebagai sarana akses masyarakat sekitar untuk memasarkan hasil pertanian. Dalam studi ini direncanakan tebal perkerasan lentur dengan Metode   Manual Desain Perkerasan Bina Marga Revisi 2017 dan Metode Manual Desain Perekrasan AASHTO 1993. Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan maka didapatkan hasil pada Manual Desain Perkerasan Bina Marga Revisi 2017 untuk Lapisan Permukaan diperoleh tebal 100 mm, Lapisan Pondasi Atas diperoleh tebal 400 mm, dan Timbunan Urugan diperoleh tebal 175 mm. sedangkan pada Metode Manual Desain Perkerasan  AASHTO 1993 yaitu Lapisan Permukaan diperoleh tebal 110 mm, Lapisan Pondasi Atas diperoleh tebal 230 mm, Lapis Pondasi Bawah diperoleh tebal 260 mm dan Timbunan Urugan  100 mm.    

Published
Aug 25, 2023
How to Cite
GINTING, Benyamin et al. ANALISIS PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR PEMBANGUNAN RUAS JALAN KUTABANGUN-KUTAKENDIT LIANG MELAS DATAS KABUPATEN KARO. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 223 - 236, aug. 2023. ISSN 2721-0073. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/3591>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v12i2.3591.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)