ANALISA TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) SERTA PENANGANANNYA
Abstract
Jalan adalah prasarana transportasi jalan yang mencakup seluruh bagian jalan, termasuk bangunan dan peralatan pendukungnya. Analisis Kondisi jalan merupakan langkah awal yang penting dalam perencanaan pemeliharaan jalan yang sudah mengalami penurunan pada fungsi jalan tersebut. Kerusakan Struktural Artinya jalan tersebut tidak mampu lagi menopang beban lalu lintas. Untuk itu perlu dilakukan perkuatan struktur jalan dengan menutup atau memperbaiki permukaan jalan eksisting. Sehingga , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada Perkerasan Jalan Titik Koordinat (3°20'24.2" N 98°35'05"E) menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), metode Surface Distress Index (SDI), serta menentukan perbedaan dari kedua metode tersebut dan diperoleh perhitungan RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Hasil dari analisa menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), menunjukkan bahwa pada titik koordinat (3°20'24.2" N 98°35'05"E) sampai pada titik koordinat (3°20'08.8"N 98°34'53.0"E ), yaitu Kerusakan Lubang (Pothole), Kerusakan Retak kulit Buaya (Aligator Cracking), Kerusakan tambalan (sayatan geser dan fungsional), retakan memanjang dan retakan melintang (Longitudinal/Trasverse Cracking). Dengan hasil PCI Persentase Jalan baik (good) sebesar 30 %, kondisi jalan buruk (poor) sebesar 10%, serta kondisi jalan sangat buruk (very poor) sebesar 60 %. Pada Hasil Metode Surface Distress Index (SDI) menunjukkan bahwa Perkerasan yang memiliki kondisi baik adalah 0%, permukaan jalan memiliki kondisi sedang sebesar 40 % dan sebesar 10 % kondisi jalan rusak ringan, serta 50 %. Jika dibandingkan dengan luas jalan pada titik koordinat tersebut, kerusakan jalan yang diperoleh sebesar 9,79 %. Sehingg diperoleh Hasil rekapitulasi estimasi biaya untuk pemeliharaan jalan pada titik koordinat (33°20'24.2" N 98°35'05"E) Sebesar Rp. 70,773,000.00.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.