ANALISA PERFORMANSI ENGINE I-VTEC PADA MOBIL HONDA BRIO KAPASITAS 1200 CC
Abstract
Menghadapi perkembagan teknologi otomotif semakin pesat diantaranya produsen yang ada di Indonesia, dalam upaya inovasi yang dilakukan terkait performa mesin. Dan untuk mengetahui bagai mana karakteristik dan performa mesin I-VTEC, hasil dapat diketahui dengan cara melakukan pengujian terkait data Torsi, daya poros efekti, tekanan rata-rata, konsumsi bahan bakar spesifik dan efisiensi thermis. Pada penelitian ini penulis mengambil data dengan menggunakan alat ukur diantaranya adalah Honda HDS Diagnostic Scantool Denso DST-i. Alat ukur tersebut dipakai untuk mengetahui kondisi mesin. Pada penelitian ini penulis melakukan analisa perhitungan secara termodinamika dari mesin Honda Brio Kapasitas 1200 CC. Dari analisa termodinamika diperoleh : Volume langkah sebesar 0,0003 m3 , Volume sisa sebesar 0,000032967 m3, Massa campuran udara dan bakar udara , 0,000032967 m3, Parameter performansi mesin. Tekanan efektif rata-rata pada permukaan piston pada langkah kerja pada mobil Honda Brio Kapasitas 1200 CC adalah : 491 kPa = 491.000 pascal, daya yang dihasilkan pada proses output mesin yang sering disebut sebagai daya rem (brake power) adalah : 75,736 kW, daya indicator sebagai daya yang dihasilkan dalam silinder motor sehingga pembakaran atau besarnya laju panas akibat pembakaran di dalam silinder adalah 29 kW = 38,8 HP, Konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) sebagai indikasi efisiensi dalam menghasilkan daya dari pembakaran adalah sebesar 104 gram/Kw-jam, efisensi termal yang merupakan indikasi sesungguhnya dari konversi input termodinamika enjadi ekanis sebesar = 53 % dan memenuhi syarat menurut Philip Kristanto. (Efisiensi indicator termal motor berkisar 40-55% ), Efisiensi volumetric pada mobil Honda Brio Kapasitas 1200 CC adalah sebesari : 89,8 %