PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJRN PPKN DI KELAS VIII SMP SWASTA YASPEMDA

  • Idermawati Waruwu Universitas Darma Agung
  • Christian Nehe Universitas Darma Agung
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung
  • Gufanta Hendryko Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi Melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP SWASTA Yaspemda Belawan. Jenis Riset ini adalah Riset kualitatif deskriptif. Sumber data dalam Riset ini terdiri dari dua macam yaitu data primer dan data sekunder data primer dikumpulkan secara langsung dari informan dengan menggunakan teknik wawancara dan pengamatan sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari perkajian bahan pustaka yang berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti dengan menggunakan teknik dokumentasi secara jelas. Adapun yang menjadi informan Dalam Riset ini adalah satu orang guru PPKN dan 24 orang siswa kelas 8 SMP swasta Yaspemda. Hasil Riset dari peran guru dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi bagi siswa Melalui pembelajaran PKn maka diperoleh kesimpulan bahwa peran guru yaitu memberikan contoh atau mengajarkan siswa perilaku saling menghargai, membentuk kelompok diskusi untuk mengajarkan siswa menyelesaikan masalah melalui musyawarah mufakat, meningkatkan rasa percaya diri siswa, mengajarkan siswa untuk saling menghormati siswa lain yang berbeda suku ras budaya serta menaati peraturan yang berlaku di sekolah

Published
Dec 11, 2023
How to Cite
WARUWU, Idermawati et al. PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJRN PPKN DI KELAS VIII SMP SWASTA YASPEMDA. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 167 - 175, dec. 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/4001>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i2.4001.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>