HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS XI SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dengan hasil belajar kewarganegaraan pada siswa SMK Swasta Harapan Bangsa tahun ini. Studi jenis ini secara deskriptif berkorelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 dan populasi penelitian ini adalah 30 orang dengan menggunakan sampel utuh. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan dokumen, manajemen waktu pembelajaran memiliki 15 item dengan 4 pilihan yang diuji validitas dan reliabilitasnya, dan hasil belajar meliputi dokumen dengan daftar nilai siswa. Hasil uji analisis normalitas data ketepatan manajemen waktu belajar kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berdistribusi normal dengan perhitungan x2hitung < x2tabel (7,27 < 43,77). Hasil belajar PKn siswa Kelas XI Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berdistribusi normal dengan hasil hitung x2h < x2t (17,11 < 43,77). Hasil uji linearitas pengelolaan data Manajemen Waktu belajar dengan hasil belajar PKn menggunakan rumus Y = 75,62 + 0,03 X dengan Fhitung > Ftabel (28 > 4,20). Hasil tes manajemen waktu siswa kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa tahun 2022 cenderung cukup (50%) dan hasil belajar PKn kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa tahun 2022 cenderung cukup (63,33%). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 1,831 dan rtabel = 0,349 (1,831 > 0,349>. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara manajemen waktu pembelajaran dengan hasil belajar kewarganegaraan siswa kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa dengan uji “t” diperoleh thitung = 4,11 dan ttabel = 1,69 (thitung > ttabel) (4,11 > 1,69), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu dengan hasil belajar PKn siswa kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa pada tahun 2022.