HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMK GLORA JAYA NUSANTARA MEDAN TA. 2022/2023
Abstract
Riset ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Interaksi Edukatif Guru dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XI SMK Glora Jaya Nusantara Medan Tahun ajaran 2022/2023. Jenis Riset ini yakni deskriptif korelasional. Populasi dalam Riset ini yakni seluruh siswa kelas XI SMK Glora Jaya Nusantara Medan yang terdiri dari 360 orang siswa. Sampel Riset di ambil sebesar 10% dari jumlah populasi dengan teknik Random Sampling, maka jumlah sampel sebanyak 36 orang. Instrumen menyesuaikan angket untuk memperoleh data variabel X dan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Item angket yang berjumlah 28 item yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil uji persyaratan normalitas data Interaksi Edukatif Guru pada taraf signifikan 5% diperoleh X2hitung < X2tabel (6,876 < 7,814) dan Hasil belajar PKn diperoleh X2hitung < X2tabel (1,392 < 7,814), maka dapat disimpulkan bahwa data kedua variabel Riset berdistribusi normal. Hasil uji persyaratan linearitas Interaksi Edukatif Guru dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK Glora Jaya Nusantara Medan Tahun ajaran 2022/2023 yakni linier, dengan persamaan Y=74,470+0,015X, dikonsultasikan dengan fhitung > ftabel (34,596 > 4,130). Hasil uji kecenderungan Interaksi Edukatif Guru dikategorikan sangat tinggi (39%) dan Hasil belajar siswa dikategorikan tinggi (25%). Berdasarkan hasil analisis koefiseien korelasi diperhitung rhitung > rtabel (0,667 > 0,329) dan hasil uji “t” taraf signifikan 95% dimana diperoleh thitung>ttabel (5,256>2,032). Maka ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Interaksi Edukatif Guru dengan Hasil Belajar Siswa PKn Siswa Kelas XI SMK Glora Jaya Nusantara Medan Tahun ajaran 2022/2023.