HUBUNGAN PEMAHAMAN PANCASILA SEBAGAI KEPRIBADIAN BANGSA INDONESIA DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan yang signifikan antara Pemahaman Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia Dengan Toleransi Beragama Siswa di SMA Swasta Raksana Medan Tahun 2019, untuk mengetahui kecenderungan Pemahaman pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia di SMA Swasta Raksana Medan Tahun 2019, dan untuk mengetahui Toleransi beragama siswadi SMA Swasta Raksana Medan Tahun 2019.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta Raksana Medan yang berjumlah 378 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan metode acak (teknik cluster random sampling) dengan sampel penelitian sebanyak 94 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket berjumlah 14 item untuk pemahaman pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dan 12 item untuk angket toleransi beragama yang masing-masing terdiri dari 4 option a,b,c,d yang sebelumnya telah diuji ke sekolah di luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.Data di analisis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pemahaman pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia di SMA Swasta Raksana Medan adalah tinggi (32,97%), (2) Toleransi beragama siswa dikategorikan tinggi (37,23%), (3) ada hubungan yang signifikan antara Pemahaman Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia Dengan Toleransi Beragama Siswa di SMA Swasta Raksana Medan Tahun 2019.