HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar PKn Siswa di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Swasta Gajah Mada Medan, Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 orang dengan teknik pengambilan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan daftarkumpulan nilai untuk Pendidikan Dalam Keluarga berjumlah 23 item yang terdiriatas 4 option (a,b,cdan d) yang sebelumnya telah diujico bakan untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji normalitas data Pendidikan Dalam Keluarga (X) Siswa di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019 berdistribusi normal dengan hasil Xh2 < Xt2 (40,62 < 91,67). Data Hasil Belajar PKn (Y) Siswa di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019 berdistribusi normal dengan hasil Xh2 < Xt2 (34,64 < 91,67). Hasi luji linearitas data Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar PKn di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019 adalah linear dengan persamaan Y = 73,23 + 0,951 X dikonsultasikan denganFh> Ft (71,01 > 3,98). Hasil uji kecenderungan Pendidikan Dalam Keluarga (X) dikategorikan sedang (40,84%), Hasil uji kecenderungan Hasil Belajar PKn (Y) dikategorikan sedang (36,61%). Berdasarkanhasilanalisiskoefisienkorelasivariabel X dan Y di perolehrhitung = 0,864 rtabel= 0,230 karena rhitung> rtabel (0,864 > 0,230). Hal ini menunjukkan ada hubungan antara Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar PKn Siswa di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019, untuk menguji signifikansike dua variabel tersebut maka dilakukan dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung= 14,253 dan dikonsultasikan denganttabel = 1,67 karenathitung>ttabel (14,253 > 1,67), Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar PKn Siswa di SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2018/2019.