GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KUALA BALI KECAMATAN SERBA
Abstract
Dalam hal ini, daya beli masyarakat akan menentukan keterjangkauan layanan kesehatan, yang akan ditentukan oleh pasien, konsumen, atau masyarakat. Layanan kesehatan yang bermutu adalah layanan yang dibutuhkan. Pasien yang tidak puas dengan perawatan medis yang diterimanya dapat memilih untuk pindah ke fasilitas lain yang menawarkan perawatan yang lebih baik. Atau, mereka dapat memilih untuk mengajukan keluhan kepada fasilitas tersebut; jika keluhan tidak segera ditangani, kepuasan pasien dapat menurun.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas di Puskesmas Kuala Bali Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang memenuhi kriteria inklusi yaitu berusia dewasa (≥18 tahun), mampu berkomunikasi dengan baik, dan telah berkunjung ke Puskesmas lebih dari dua kali. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang datang berobat ke Puskesmas sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 75% pasien menyatakan puas. Banyak faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi faktor kepuasan. Sasaran Puskesmas adalah meningkatkan tingkat kepuasan pasien sehingga dapat merespons lebih cepat dan memberikan perhatian lebih kepada pasien yang datang untuk mendapatkan perawatan medis secara keseluruhan. Agar pasien merasa diperhatikan setiap saat, tenaga kesehatan harus lebih reseptif dan penuh perhatian kepada mereka yang datang untuk mendapatkan layanan, terutama lansia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.