PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROGRAM PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PEMBELI OBAT BATUGIN ELXILIR PADA KIMIA FARMA ISKANDAR MUDA MEDAN

  • Dearma Sariani Sinaga Universitas Darma Agung
  • Murnida Manalu Universitas Darma Agung
  • Rosmeri Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh kualitas produk dan program promosi terhadap kepuasan pembeli obat batugin elxilir pada Kimia Farma Iskandar Muda Medan. Penelitian ini menggunakan variabel dependennya yaitu kepuasan pembelian sumber yang digunakan adalah data primer populasi dalam penelitian ini sebanyak 1307 orang pembeli dengan sampel 93 responden dengan rumus Solvin. Penguji menggunakan metode analisis regresi linear berganda dimana Y=8,403 + 0,515X1+0,014X2 dan Uji t dimana nilai tterhitung 6,609 > ttabel 0,30 dan sig 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa kualitas produk dan program promosi berpengaruh terhadap kepuasan pembelian obat batugin elxilir pada kimia farma Iskandar Muda Medan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan program promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pembelian obat batugin elxilir pada kimia farma Iskandar Muda Medan sebagai subjek penelitian. Berdasarkan pengujian determinasi () diketahui bahwa nilai Adjusted R aquare sebesar 0,339 berarti hubungan kualitas produkdan program promosi terhadap kepuasan pembelian sebesar 33,9%. Artinya memiliki hubungan yang tidak terlalu kuat. Sedangkan sisanya 76,6% (100% - 76,4%) dijelaskan oleh pengaruh lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
Jun 24, 2022
How to Cite
SINAGA, Dearma Sariani; MANALU, Murnida; PANJAITAN, Rosmeri. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROGRAM PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PEMBELI OBAT BATUGIN ELXILIR PADA KIMIA FARMA ISKANDAR MUDA MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 212- 221, june 2022. ISSN 2715-6001. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1605>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v11i1.1605.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)