PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung
  • Lipur Zupriman Zega Universitas Darma Agung
  • Andre Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning berbasis LMS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas XI-2 terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model Blended Learning berbasis LMS dan kelas XI-1 terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction. Berdasarkan hasil uji statistika diperoleh thitung = 2,617 dan ttabel = 1,746 pada taraf signifikansi α = 0,05. Karena thitung  >  ttabel hal ini menunjukkan bahwa ada  pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Blended Learning  berbasis LMS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA

Published
Feb 28, 2022
How to Cite
SIBORO, Asiroha; ZEGA, Lipur Zupriman; PURBA, Andre. PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, feb. 2022. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1325>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)