PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SMA

  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis lesson study terhadap hasil belajar fisika . Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA St.Yoseph Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 124 orang. Pengambilan sampel dilakukan  dengan teknik cluster random sampling, dimana diperoleh kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan problem based learning berbasis lesson study yang berjumlah 31 siswa dan kelas  X-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pendekatan ekspositori berjumlah 31 orang. Hasil uji kemampuan awal rata-rata pretes hasil belajar siswa diperoleh thitung< ttabel (0,23 < 2,00) maka dapat dinyatakan  bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diakhir pembelajaran dilakukan  postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh thitung > ttabel  (3,90 > 1,67), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika SMA pada materi pokok  gerak lurus di kelas X SMA St.Yoseph Medan.

Published
Jan 19, 2021
How to Cite
SIBORO, Asiroha. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SMA. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 26-31, jan. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/872>. Date accessed: 20 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)