PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik di kelas X semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Raksana Medan T.P 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas X-2 terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas X-1 terdiri dari 40 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan lima option (a,b,c,d,dan e) yang terlebih dahulu diuji cobakan terhadap siswa di luar sampel yang sudah mempelajarinya untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,25 dengan simpangan baku 13,48 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36 dengan simpangan baku 12,25. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 0,088 dan ttabel = 1,994, karena thitung < ttabel maka kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, setelah pembelajaran selesai dilakukan postes, sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,75 dengan standar deviasi 12,39 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 66 dengan standar deviasi 11,83. Berdasarkan hasil uji statistika diperoleh thitung = 2,913 dan ttabel = 1,667 pad taraf signifikansi α = 0,05 dan dk 78. Karena thitung > ttabel hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik di Kelas X Semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P 2015/2016
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).