PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS IX MTsN 3 MEDAN

  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung

Abstract

Kurikulum KKNI 2013 IPA di SMP dirancang sebagai pembelajaran yang berdimensi pada kompetensi, sebab IPA memiliki peran penting sebagai dasar pengetahuan untuk mengungkap kejadian alam. Pokok pembelajaran IPA dalam KTSP memiliki materi yang memuat objek, tingkat organisasi objek, tema atau persoalan. Aspek IPA fisika mengkaji berbagai aspek struktur yang membangun material. Fisika merupakan ilmu yang termasuk rumpun IPA, dan dalam pelaksanaan proses pembelajaran fisika yang selama ini berlangsung menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tampak kurang berminat, kurang bergairah dan cenderung tidak aktif. Hal ini ditunjukkan oleh sikap siswa yang kurang antusias ketika pembelajaran akan berlangsung, rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru, kurangnya pemusatan perhatian siswa serta kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran fisika. Kondisi ini penulis temukan juga ketika melaksanakan proses belajar mengajar.  Tidak semua peserta didik menaruh perhatian dan keinginan untuk mempelajari mata pelajaran Fisika . Menurut tes PISA tahun 2009 menunjukan siswa SMP Indonesia menduduki peringkat ke 38 dari 41 negara dalam pengetahuan sainsnya ( Defense Information System Agency, 2010 ). Salah satu pelajaran formal yang dipelajari di sekolah adalah fisika. Fisika sebagai salah satu bidang studi yang diikutsertakan dalam ujian nasional yang mengharuskan siswa memperoleh nilai 5,50 sebagai standar minimum kelulusan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tentu saja siswa diharapkan memperoleh nilai diatas standar kelulusan (5,50) siswa akan mendapatkan peringkat prestasi di kelas dan di sekolah serta dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi melalui salah satu bidang studi yaitu fisika. Berdasarkan hasil temuan yang telah diuraikan pada kesimpulan hasil penelitian, berikut ini diajukan beberapa saran yaitu: Mengingat selama ini proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran powerpoint, maka disarankan agar media pembelajaran interaktif digunakan karena media pembelajaran interaktif mampu memberi umpan balik yang lebih baik bagi siswa.


 

Published
Apr 30, 2020
How to Cite
SIBORO, Asiroha. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS IX MTsN 3 MEDAN. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-42, apr. 2020. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/451>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)