HUBUNGAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN T.A 2020/2021
Abstract
Secara umum, hasil belajar siswa belum maksimal, pendidikan dalam keluarga belum optimal, minat belajar siswa masih kurang, motivasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dalam keluarga dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Simalungun T.A 20202021. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan subjek penelitian yaitu siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Simalungun T.A 2020/2021 yang berjumlah 40 orang. Sampel adalah sebagian dari jumlah populasi yang dianggap representative, namun karena jumlah populasi sedikit yaitu 40 orang maka seluruh populasi menjadi sampel dengan teknik sampel total. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Alat Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari 20 pertanyaan serta telah di uji Validitas Angket dan reliabilitas angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan Pendidikan Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Simalungun T.A 2020/2021 berdasarkan hasil uji statistic uji t diperoleh t hitung ˃ t tabel (6,162 ˃ 1,684).