THE ROLE OF CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN ENHANCING STUDENT ACADEMIC ACHIEVEMENT IN GRADE VIII-3 AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 7 MEDAN, ACADEMIC YEAR 2024

  • Novita Romauli Saragih Universitas Darma Agung
  • Selamat Karo- Karo Universitas Darma Agung
  • Padriadi Wiharjokusumo Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Yutriani Laia Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari 11 informan, termasuk kepala sekolah, seorang guru PAK, dan sembilan siswa. Analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman, meliputi reduksi, penyajian, verifikasi, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAK memainkan peran penting sebagai pendidik, pembimbing, penasehat, motivator, dan fasilitator dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif. Guru PAK juga menyusun perencanaan pembelajaran yang matang sehingga mampu mendukung peningkatan prestasi belajar siswa. Meski prestasi siswa masih terpengaruh oleh rendahnya motivasi, guru PAK berperan signifikan dalam membina dan mendidik siswa. Peran guru sebagai fasilitator, mediator, dan evaluator sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, yang membantu meningkatkan prestasi akademik siswa.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
SARAGIH, Novita Romauli et al. THE ROLE OF CHRISTIAN RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN ENHANCING STUDENT ACADEMIC ACHIEVEMENT IN GRADE VIII-3 AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 7 MEDAN, ACADEMIC YEAR 2024. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 508 - 515, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5189>. Date accessed: 03 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.5189.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)