FEAR OF GOD AND ACADEMIC ACHIEVEMENT: A CORRELATIONAL STUDY AMONG TENTH GRADE STUDENTS AT GKPI PADANG BULAN PRIVATE SENIOR HIGH SCHOOL IN MEDAN, 2023
Abstract
Penelitian ini mengkaji korelasi antara sikap "rasa takut akan Tuhan" dan prestasi akademik di kalangan siswa kelas sepuluh di SMA Swasta GKPI Padang Bulan, Medan, Indonesia, pada tahun ajaran 2023. Penelitian ini menggunakan desain korelasional deskriptif, dengan melibatkan seluruh populasi siswa kelas sepuluh yang berjumlah 30 orang sebagai sampel. Dokumentasi dan kuesioner menggunakan 30 item pilihan ganda (a, b, c, d) sebagai instrumen penelitian. Uji reliabilitas dilakukan untuk memastikan keabsahan kuesioner. Analisis data menunjukkan distribusi normal untuk kedua data rasa takut akan Tuhan (X²_hitung < X²_tabel = 22,33 < 43,77) dan data prestasi akademik siswa (X²_hitung < X²_tabel = 18,85 < 43,77). Uji statistik menunjukkan adanya hubungan linear antara kedua variabel tersebut. Analisis lebih lanjut menggunakan uji korelasi sederhana menunjukkan korelasi positif yang signifikan, dengan nilai r sebesar 0,453 yang melebihi nilai kritis sebesar 0,361. Uji-t mengkonfirmasi signifikansi ini dengan nilai t sebesar 3,41 yang melebihi nilai kritis sebesar 1,69 pada tingkat signifikansi 95%. Temuan ini menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara rasa takut akan Tuhan dan prestasi akademik di kalangan siswa kelas sepuluh dalam penelitian ini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).