HUBUNGAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Metode Kerja Kelompok dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel total di mana seluruh populasi menjadi sampel yaitu sebanyak 30 orang. Instrument penelitian ini adalah angket berjumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan dan dokumentasi berupa Daftar Kumpulan Nilai. Sebelum angket digunakan terlebih dahulu dilakukan uji Validitas dan reliabilitas. Hasil uji persyaratan analisis normalitas data Metode Kerja Kelompok berdistribusi normal dengan perhitungan X2hitung X2tabel (31,94 43,77) pada taraf signifikan 5%. Data Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen berdistribusi normal dengan perhitungan bahwa X2hitungX2tabel (34,8343,77) pada taraf signifikan 5%. Uji linearitas Metode Kerja Kelompok dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen adalah linear dengan persamaan Y=43,18+0,58X dikonsultasikan dengan fhitung maka fhitumgftabel (28,0044,20. Berdasarkan uji kecenderungan Metode Kerja Kelompok siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahhun 2022 kategori Baik (33,33%) dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022 kategori Baik Sekali 30%. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi diperoleh rhitung 0,515 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 30 orang, diperoleh rtabel 0,361. Maka harga rhitung rtabel (0,5150,361) maka hal ini menunjukkan ada hubungan Metode Kerja Kelompok dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022. Kemudian dilakukan uji t diperoleh thitung 3,21 dan ttabel1,70. Karena thitungttabel (3,211,70). Pada taraf signifikan 5% maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Metode Kerja Kelompok dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun 2022.