PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN SISWA SMAS KRISTEN IMMANUEL MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang perlu dilakukan dalam Pendidikan Agama Kristen terhadap pembentukan sikap rohani siswa SMAS Kristen Immanuel Medan Tahun 2022. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penilitan ini adalah seluruh siswa sejumlah 102 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel teknik sampling sampel yaitu pengambilan sampel sebagian dari populasi sejumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket yang terdiri dari masing masing 10 item yang memiliki 4 pilihan ( a,b,c,d) yang ssebeleumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis data Pendidikan Agama Kristen berdistribusi normal dengan perhitungan x2h < x2t (41,74< 43,77) Data normalitas pertumbuhan iman berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (39,57 < 43,77 ). Hasil uji linearitas data Pendidikan Agama Kristen dengan Pertumbuhan Iman adalah linear dengan persamaan Y = 11,20 +0,75 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft (468,85 >4,04).Uji kecenderungan Pendidikan Agama Kristen(X) kategorikan cenderung sangat tinggi (30%) dan Pertumbuhan Iman (Y) kategori cendrung tinggi (26%). Hasil uji korelasi product moment diperoleh Th > Tt (8,69 >1,69). maka hal ini menunjukan ada upaya yang diperoleh dari Pendidikan Agama Kristen untuk Pertumbuhan Iman siswa SMAS Kristen Immanuel Medan Tahun 2022.