PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI DIMASA PANDEMIC COVID-19 KELAS X DAN XI SMA SWASTA KRISTEN IMMANUEL TAHUN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi apakah ada pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada masa Pandemic Covid-19 di kelas X dan XI sekolah SMAS Kristen Immanuel Medan Tahun Ajaran 2022/2023.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMAS Kristen Immanuel Medan T,A,2022/2023 yang berjumlah 53 orang dimana kelas X ada 20 orang dan kelas XI ada 33 orang.Sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 53 orang dengan teknik sampel total keseluruhan.Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket.Angkket terdiri dari 20 soal pertanyaan serta telah di uji Validitas Angket dan Reliabilitas Angket.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa X²hitung < X²tabel ( 2,22 < 3,48 ).dimana pengaruh metode pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran PAK dimasa pandemic covid-19 dengan uji linear Y= 2,43 + 2,69 dikonsultasikan dengan Fhitung 2,43 < Ftabel 2,69.Hasil uji kecendrungan diperoleh metode pembelajaran kategori rendah ( 30% ) dan Pelaksanaan Pembelajaran PAK dimasa pandemic covid 19 dikategorikan cukup ( 30% ).Berdasarkan hasil uji korelasi dengan rhitung – 2,22 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabel + 23.48 karena rhitung < rtabel ( 2,22 < 3,48 )..Untuk uji taraf signifikan korelasi metode pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran PAK pada masa pandemic covid 19 dilaksanakan dengan uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung= 30,5 dan ttabel = 51,4 maka thitung < ttabel ( 30,5< 51,4 ) maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan metode pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran PAK dimasa pandemic covid 19 kelas X dan XI SMAS Kristen Immanuel Medan T.A.2022/2023.