UPAYA PIHAK SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI INTEGRASI SOSIAL DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMK HARAPAN BANGSA TAHUN 2022

  • Rini Angraini Singarimbun Universitas Darma Agung
  • Septi Revania Rajagukguk Universitas Darma Agung
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Swasta Harapan Bangsa berjumlah 71 orang yang terdiri dari XII TKJ berjumlah 36 orang dan XII TBSM berjumlah 35 orang Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan sampel (sampel total). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah 26 item variable (X)  untuk yang valid, dan 25 item variable (Y) yang valid. untuk Toleransi Beragama Siswa yang masing-masing terdiri dari 4 option sangat setuju, setuju,tidak setuju, kurang setuju yang sebelumnya telah diuji ke luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas data Upaya Pihak Sekolah dalam Penanaman Nilai-nilai Integrasi Sosial (X) di SMK Swasta Harapan Bangsa berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (78,77 < 91,67). Toleransi Beragama Siswa (Y) di SMK Swasta Harapan Bangsa berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (73,38 < 91,67). Hasil uji linearitas data Upaya Pihak Sekolah dalam Penanaman Nilai-nilai Integrasi Sosial dengan Toleransi Beragama Siswa adalah linear dengan persamaan Y = 41,87 + 0,458 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (46,71 > 3,98). Hasil uji kecenderungan Upaya Pihak Sekolah dalam Penanaman Nilai-nilai Integrasi Sosial (X) dikategorikan baik (32,39%). Hasil uji kecenderungan Toleransi Beragama Siswa (Y) dikategorikan  baik (30,98%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 0,39 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 71 diperoleh rtabel = 0,23. Karena rhitung > rtabel (0,39> 0,23) maka hal ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 3,56 ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (3,56 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Upaya Pihak Sekolah dalam Penanaman Nilai-nilai Integrasi Sosial dengan Toleransi Beragama Siswa Kelas XII SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022.

Published
Jun 6, 2023
How to Cite
SINGARIMBUN, Rini Angraini et al. UPAYA PIHAK SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI INTEGRASI SOSIAL DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMK HARAPAN BANGSA TAHUN 2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 18 - 26, june 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3309>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3309.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>