HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 26 MEDAN

  • Achmadi Tumanggor Universitas Darma Agung
  • Marsaria Rajagukguk Universitas Darma Agung
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang  signifikan antara sistem pembelajaran daring dengan minat belajar siswa SMP N 26 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif  korelasional, Populasi dalam penilitan ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022  berjumlah 39 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan  menggunakan sampel total. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 28 item Sistem pembelajaran daring  yang valid 14 item sedangkan untuk Minat belajar  PKn yang valid 14 item, dengan 4 option  sebelum angket digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis  data Sistem pembelajaran daring  Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 berdistribusi normal dengan  perhitungan x2hitung < x2tabel (33,06 < 54,57). Data normalitas Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (29,361 < 54,57). Hasil uji linearitas data Sistem pembelajaran daring dengan minat belajar siswa  adalah linear dengan persamaan Y= 10,24 +0,827 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft  (54,57>0,355). Uji kecenderungan sistem pembelajaran daring Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022 cenderung sedang (41%) dan minat belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022  cenderung Sedang( 38,4%).  Hasil  Uji korelasi product moment yang diperoleh rtabel= 0,308 .rhitung =1,956 dan rhitung > rtabel  (1,956 > 0,308). Hal ini menunjukan ada hubungan antara sistem pembelajaran daring  dengan minat belajar Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022. Untuk menguji taraf  signifikan kedua variabel tersebut dilakukan dengan uji “t” diperoleh thitung 13,008 ttabel 1,684  th  > tt ( 13,008 > 1,684). Maka hal ini menunjukkan bahwa ada  hubungan yang signifikan antara Sistem pembelajaran daring dengan minat belajar PKn Siswa Kelas VIII SMP N 26 Medan Semester Ganjil T.A 2021/2022.

Published
Jun 9, 2022
How to Cite
TUMANGGOR, Achmadi; RAJAGUKGUK, Marsaria; PURBA, Alimin. HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 26 MEDAN. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-10, june 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1545>. Date accessed: 23 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>