RANCANG BANGUN MESIN PENGERING BIJI KOPI MENGGUNAKAN UDARA PANAS HASIL DARI PEMBAKARAN CANGKANG SAWIT DENGAN KAPASITAS 6 KG BIJI KOPI

  • Pantun Siburian Universitas Darma Agung
  • Lando Sihombing Universitas Darma Agung
  • Enzo WB Siahaan Universitas Darma Agung
  • Hodmiantua Sitanggang Universitas Darma Agung

Abstract

Untuk kita dapat menyimpan biji bijian hasil dari pertanian kita dapat menjemur biji tersebut agar dapat bertahan lama. Pada perencanaan ini juga dilakukan pengeringan kopi robusta dengan menggunakan pengering tipe konvensional menggunakan bahan bakar cangkang kelapa sawit. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengetahui ukuran ukuran komponen utama alat pengeringgan, untuk mengetahui kadar air biji kopi setelah dilakukan pengeringan, untuk mengetahui efisiensi pengeringan,dan kebutuhan bahan bakar yang dapat digunakan selama proses pengeringan biji kopi. Dari hasil perencanaan ini menunjukkan bahwa waktu pengeringan adalah 180 menit dan kadar air yang didapat 23% dari kadar air 60%.

Published
Jun 10, 2024
How to Cite
SIBURIAN, Pantun et al. RANCANG BANGUN MESIN PENGERING BIJI KOPI MENGGUNAKAN UDARA PANAS HASIL DARI PEMBAKARAN CANGKANG SAWIT DENGAN KAPASITAS 6 KG BIJI KOPI. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 133 - 138, june 2024. ISSN 2776-2068. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/4500>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v5i1.4500.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>