HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pendidikan Karakter dengan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 93 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan (sampel total). Hasil uji normalitas data Pendidikan Karakter (X) di SMA Etislandia berdistribusi normal diperoleh < (62,12 < 116,51). Motivasi Belajar (Y) berdistribusi normal diperoleh < (52,69 < 116,51). Hasil uji linearitas data pendidikan karakter dengan motivasi belajar adalah linear dengan persamaan Y = 6,78 + 0,803 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (91,05 > 3,94). Hasil uji kecenderungan pendidikan karakter (X) dikategorikan sangat baik (33,33%). Hasil uji kecenderungan motivasi belajar (Y) dikategorikan sangat baik (35,48%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 0,968 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 93 diperoleh rtabel = 0,202. Karena rhitung > rtabel (0,968 > 0,202) maka hal ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 3,693 ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel (3,693 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Karakter dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi.