HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN

  • Gufanta Hendryko Purba
  • Torowanofu Laia Univrsitas Darma Agung
  • Indah Mugiasih Sitorus Univrsitas Darma Agung
  • Sanhedrin Ginting Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pendidikan Karakter dengan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 93 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan (sampel total). Hasil uji normalitas data Pendidikan Karakter (X) di SMA Etislandia berdistribusi normal diperoleh  <  (62,12 < 116,51). Motivasi Belajar (Y) berdistribusi normal diperoleh   <  (52,69 < 116,51). Hasil uji linearitas data pendidikan karakter dengan motivasi belajar adalah linear dengan persamaan Y = 6,78 + 0,803 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (91,05 > 3,94). Hasil uji kecenderungan pendidikan karakter (X) dikategorikan sangat baik (33,33%). Hasil uji kecenderungan motivasi belajar (Y) dikategorikan sangat baik (35,48%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 0,968 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 93 diperoleh rtabel = 0,202. Karena rhitung >  rtabel (0,968  > 0,202) maka hal  ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 3,693  ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel (3,693 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Karakter dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi.

Published
Feb 10, 2022
How to Cite
PURBA, Gufanta Hendryko et al. HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMA SWASTA ETISLANDIA MEDAN. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 53-62, feb. 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1289>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)