HUBUNGAN EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEDISPLINAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK PARSAORAN KECAMATAN PARMONANGAN KAB.TAPUT T.A 2021/2022

  • Dedi Wiranto Manalu Universitas Darma Agung
  • Bungaria Sirait Universitas Darma Agung
  • Gufanta Henriko Purba Universitas Darma Agung
  • Sanhedrin Ginting Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Dengan Kedisplinan Belajar Siswa Kelas X Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Parsaoran Kecamatan Parmonangan Kab. Taput T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Parsaoran Kecamatan Parmonangan Kab. Taput berjumlah 139 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan sampel (sampel total). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket efektivitas system pembelajaran daring yang berjumlah 18 item dan angket kedisplinan belajar siswa yang berjumlah 17 item yang masing-masing terdiri dari 4 option a,b,c,d yang sebelumnya telah diuji ke luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas data Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring (X) Kelas X SMK Parsaoran berdistribusi normal diperoleh Xh 2 < Xt 2 (42,88 < 167,51). Kedisplinan Belajar Siswa (Y) di Kelas X SMK Parsaoran berdistribusi normal diperoleh Xh 2 < Xt 2 (68,87 < 167,51). Hasil uji linearitas Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Dengan Kedisplinan Belajar Siswa adalah linear dengan persamaan Y = 14,21 + 0,746 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (16,72 > 3,92). Hasil uji kecenderungan Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring (X) dikategorikan Baik (49,64%). Hasil uji kecenderungan Kedisplinan Belajar Siswa (Y) dikategorikan tinggi (36,69%). Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 0,804 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 139 diperoleh rtabel = 0,165. Karena rhitung > rtabel (0,804 > 0,165) maka hal ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung= 15,83 ttabel = 1,65. Karena thitung > ttabel (15,83 > 1,65). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Dengan Kedisplinan Belajar Siswa Kelas X Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Parsaoran Kecamatan Parmonangan Kab. Taput T.A 2021/2022.

Published
Jun 9, 2022
How to Cite
MANALU, Dedi Wiranto et al. HUBUNGAN EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEDISPLINAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK PARSAORAN KECAMATAN PARMONANGAN KAB.TAPUT T.A 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 61-76, june 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1553>. Date accessed: 05 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)