HUBUNGAN KARAKTER SISWA DI ERA MILINEAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 2 SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER GANJIL T.A 2020/2021

  • Sanhedrin Ginting Universitas Darma Agung
  • Mujur Arjuna M
  • Setulus Laia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara karakter siswa dengan Hasil Belajar PKn Siswa kelas XI Mia 2 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi seluruh Siswa XI Mia 2 berjumlah  30 orang, dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 21 item, dengan 4 option  sebelum angket digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis normalitas untuk data karakter siswa berdistribusi normal dan hasil Belajar PKn Siswa berdistribusi normal. Hasil uji linearitas data karakter siswa dengan hasil belajar PKn adalah linear. Hasil Uji kecenderungan karakter siswa cenderung sangat tinggi dan hasil belajar PKn sangat tinggi. Hasil  Uji korelasi product moment yang diperoleh rhitung = 24,50, rtabel = 0,361 .(rh > rt (24,50> 0,361).Hal ini menunjukan ada hubungan antara karakter siswa dengan hasil belajar PKn. Untuk menguji  signifikan kedua variabel tersebut dilakukan dengan uji “t” diperoleh th thitung > ttabel (5,29> 1,69). Maka hal ini menunjukkan bahwa ada  hubungan yang signifikan antara karakter siswa dengan hasil belajar PKn kelas XI Mia 2 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021.

Published
Jan 18, 2021
How to Cite
GINTING, Sanhedrin; M, Mujur Arjuna; LAIA, Setulus. HUBUNGAN KARAKTER SISWA DI ERA MILINEAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 2 SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER GANJIL T.A 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 153 - 159, jan. 2021. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/863>. Date accessed: 05 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)