HUBUNGAN KREATIVITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOK SANGGUL TAHUN 2018

  • SANHEDRIN GINTING Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sanggul tahun 2018.  Metode penelitian bersifat korelasional, yaitu untuk mengetahui hubungan serta melihat seberapa jauh hubungan antara masing-masing variabel.  Populasi penelitian ini keseluruhan siswa kelas VII SMP yang berjumlah 50 orang dan yang menjadi sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP, sebanyak 50 orang siswa/i (sampel total).


Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas belajar siswa adalah angket yang dibagikan kepada siswa.  Sebelum instrument angket digunakan, terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk memperoleh data tentang prestasi (nilai rata-rata) DPNA dari seluruh bidang studi yang diberikan pada kelas VII semester I. 


Dari data uji coba tingkat kecenderungan pada prestasi belajar (Y) diperoleh tingkat kategori tinggi sebanyak 4 orang (8%), kategori cukup sebanyak 21 orang (42%), kategori sedang sebanyak 19 orang (38%) dan kategori rendah sebanyak 6 orang (12%), maka diperoleh tingkat prestasi belajar (Y) adalah kategori cukup.  Hasil persyaratan analisis uji normalitas data kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sanggul tahun 2018 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2hitung < X2tabel (3,327 < 11,07).  Data normalitas prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sanggul tahun 2018 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2hitung < X2tabel (4,816 < 11,07).  Hasil persyaratan uji linieritas data kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sanggul tahun 2018 adalah linier.  Dengan persamaan Y = 3,215 + 0,076 x dikonsultasikan dengan ftabel diperoleh fhitung > ftabel (274,2 > 4,01).


Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar, maka penulis melakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebesar r = 0,921 dengan mengkonsultasikan nilai yaitu rhitung > rtabel (0,921 > 0,279) untuk taraf signifikan 0,05 dengan jumlah n = 50 adalah 0,279.  Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang mengatakan ada hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sanggul tahun 2018 dapat diterima.

Published
Nov 15, 2018
How to Cite
GINTING, SANHEDRIN. HUBUNGAN KREATIVITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOK SANGGUL TAHUN 2018. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 42-47, nov. 2018. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/68>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)