HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSIA STELLA MARIS MEDAN
Abstract
Kepuasan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan merupakan hal penting yang harus diberikan penyedia jasa dalam pelayanan kesehatan seperti di rumah sakit.Banyaknya keluhan pasien tentang pelayan keperawatan antara lain; kurang tanggapnya perawat merespon keluhan pasien, tidak lengkapnya fasilitas di rumah sakit, kurangnya empaty tenaga kesehatan, dan keluhan pasien yang lainnya adalah mereka mengatakan perawat kurang mau mendengar keluhan mereka. Mutu pelayanan keperawatan menjadi suatu yang penting dalam kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Stella Maris Medan. Jenis penelitian adalah analitik. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang dirawat inap sebanyak 500 orang. Sampel penelitian sebanyak 50 orang dengan dengan tehnik sampling accidental sampling. Uji analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan mayoritas mutu pelayanan keperawatan baik, kepuasan pasien; puas dan hasil kedua variabel p.value= 0.008 (<0.05), artinya ada hubungan antara kedua variabel mutu pelayanan dengan kepuasan pasien.Mutu pelayanan keperawatan baik, akan meningkatkan kepuasan pasien. Diharapkan kepada manajemen Rumah sakit hendaknya melakukan survey kepuasan secara rutin, berkesiambungan dan dilakukan evaluasi pelayanan asuhan keperawatan yang dilakukan perawat. Kepada perawat diharapkan lebih meningkatkan pelayanan keperawatan secara komprehensif kepada pasien pasien .