PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA SWASTA GAJAH MADA MANDIRI MEDAN
Abstract
Pendidikan memiliki peran sentral dalam mengubah sikap dan perilaku individu atau kelompok melalui proses pengajaran dan pelatihan. Namun, pembelajaran fisika seringkali menghadapi tantangan karena kurangnya daya tarik dalam penyampaian materi serta keterlibatan siswa yang minim. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam fisika, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah kualitas pembelajaran yang rendah dan minimnya partisipasi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran inkuiri yang didukung oleh aplikasi InShot terhadap hasil belajar siswa dalam materi usaha dan energi di kelas X MIPA semester genap SMA Swasta Gajah Mada Mandiri Medan pada tahun pelajaran 2023/2024. Dengan menggunakan aplikasi InShot, peneliti dapat menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa, sehingga meningkatkan minat mereka terhadap pembelajaran fisika.Metode penelitian ini mengadopsi desain quasi-eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA semester genap SMA Swasta Gajah Mada Mandiri Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil menggunakan metode cluster random sampling, di mana kelas X MIPA1 (kelas eksperimen) terdiri dari 32 siswa yang menerima pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan InShot, sedangkan kelas X MIPA2 (kelas kontrol) terdiri dari 32 siswa yang menerima pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai sebanyak 10 soal yang telah melewati proses validasi. Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol setelah menerapkan metode pembelajaran. Analisis dilakukan dengan menghitung rata-rata nilai untuk setiap variabel dan menguji normalitas serta homogenitas data. Uji hipotesis menggunakan uji paired t-test menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri yang didukung oleh aplikasi InShot terhadap hasil belajar siswa dalam materi usaha dan energi di kelas X MIPA semester genap SMA Swasta Gajah Mada Mandiri Medan pada tahun pelajaran 2023/2024.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).